Gadgetan – Interbrand, sebuah perusahaan marketing research baru saja merilis daftar  Top 10 most valuable technology  brand pada akhir Oktober kemarin di media Business Insider. Kesepuluh brand ini diteliti dan diurutkan berdasarkan nilai aset dan finansial mereka secara keseluruhan. Siapa saja mereka? Apakah yang membuat mereka begitu bernilai? 
Simak ulasan Top 10 most valuable technology brand di bawah ini:
10. Nokia

Sempat menguasai jagat ponsel dari akhir 1990an sampai pertengahan 2000an, Nokia dikabarkan memiliki nilai aset sebesar USD 21 miliar. Walaupun sedang kalah dengan Android dan perangkat iOS, Nokia bisa merangsek ke sepuluh besar brand teknologi paling bernilai.
9. Oracle 

Oracle didirikan oleh Larry Ellison yang sekarang menjadi salah satu sosok terkaya di dunia teknologi. Oracle adalah salah satu perusahaan software terbesar di dunia. Nilai perusahaan Oracle dikabarkan mencapai USD 22,1 miliar.
8. Hewlett Packard (HP)
Nilai brand HP terus menurun akibat menurunnya pasar pengguna teknologi PC dan laptop. Namun, nilai brand HP di AS ini masih cukup besar yaitu USD 26,1 miliar.
7. Cisco
Cisco adalah perusahaan yang memproduksi perangkat switching dan router, terutama di sektor enterprise (B2B). Namun, sekarang Cisco mulai merambah bisnisnya ke B2C. Cisco mengalami peningkatan nilai brand dengan memiliki brand bernilai USD 27,2 miliar.
6. Samsung

Samsung terus mengalami peningkatan nilai brand beberapa tahun ini, Samsung bahkan mengalami peningkatan nilai brand terbesar di ranah teknologi hingga 40%  apabila dibandingkan dengan tahun lalu. Nilai brand Samsung tahun ini mencapai USD 32,9 miliar.
5. Intel

Intel, perusahaan pembuat chip prosesor memiliki nilai brand hingga USD 39,4 miliar. Nilai brand mereka meningkat 12% dari tahun lalu.
4. Microsoft

Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini memiliki nilai brand USD 57,85 miliar. Microsoft  selalu konsisten di jajaran brand papan atas dan tahun ini mereka sudah menyiapkan jajaran tablet dan smartphone yang berbasis Windows 8 (OS besutan mereka sendiri).
3. Google 


Walaupun oleh beberapa analis dianggap perusahaan teknologi nomor dua terbesar di dunia. Namun, jika bicara soal brand (merek), Google masih berada di tempat ketiga. Nilai brand Google mencapai USD 69,73 miliar.
2. IBM
Bicara soal IBM, pasti teringat paten demi paten yang mereka miliki. Tidak hanya memiliki paten terbanyak, mereka juga bergerak di bidang hardware dan software. Nilai brand IBM mencapai USD 75,5 miliar.
1. Apple
Yah, siapa yang bisa menyangkal Apple memiliki brand yang sangat eksklusif, mereka menjadi lambang hegemoni gaya hidup papan atas yang elegan di AS. Nilai perlembar saham Apple mencapai IDR 7 juta, sebuah rekor yang belum bisa dipecahkan perusahaan manapun dan nilai brand Apple sendiri mencapai USD 76,6 miliar .
Sekadar informasi bagi Anda, walaupun Apple menduduki posisi puncak dengan brand paling bernilai di ranah teknologi. Apple hanya berada di posisi kedua untuk brand terbaik untuk semua kategori (Best Global Brand) di tahun 2012 ini. Hal yang cukup mengejutkan adalah brand yang berada di posisi puncak adalah dari kategori minuman ringan dimana Coca Cola berada di posisi puncak Best Global Brand 2012. Nilai brand Coca Cola tidak main-main dan mencapai angka USD 77,84 miliar, sedikit berada di atas Apple