Apple menduduki posisi puncak Most Valuable Brand di dunia


Gadgetan – Membangun sebuah merek bukanlah hal yang mudah, perlu usaha keras dan tulus untuk membuat sebuah merek bisa diingat oleh pangsa pasarnya. Apple, McDonald, Mercedez Benz, Ford, Nike, Louis Vutton, dll adalah perusahaan yang bisa membangun sebuah merek dengan proses yang tidak mudah di bidangnya masing-masing.
Baru-baru ini, melalui studi tahunan brandz yang diadakan oleh Millward Brown Optimor. Apple kembali memegang posisi pertama dengan nilai brand yang mencapai USD  182,95 miliar. Sebelumnya, tahun lalu, Apple juga menduduki posisi puncak tahun lalu dengan nilai USD 153,3 miliar.
Hasil analisis Millward Brown Optimor, yang dirilis tadi malam (22/05), didasarkan pada data keuangan perusahaan, intelijen pasar, dan pendapat konsumen yang berkaitan dengan ekuitas merek.
Selain Apple, ada nama IBM, Google dan Microsoft yang berada di Top 5 Most Valuable Brand di dunia. IBM berada di tempat kedua dengan nilai brand mencapai USD 116 miliar, tahun ini IBM melangkahi Google yang di tahun sebelumnya berada di tempat kedua. Sementara, Google pada tahun ini berada di tempat ketiga dengan nilai brand USD 108 miliar.
Ditempat ke empat ada McDonald, merupakan satu-satunya brand yang bukan berasal dari kategori teknologi yang bertengger di 5 brand ternama di dunia. McDonald memiliki valuasi merek senila iUSD  95,2 miliar. Kemudian, untuk posisi kelima ada Microsoft yang nilai brandnya mencapai USD  76,7 miliar.
Teknologi menguasai 4 brand pada 5 besar, karena industri lain baik makanan, fashion dan otomotif mengandalkan teknologi untuk berkembang sehingga wajar saja brand di kategori teknologi memiliki nilai yang besar.
Lalu, bagaimana dengan Facebook yang nilai sahamnya terus turun pada perdagangan saham di Nasdaq dua hari ini?
Dari 100 brand paling bernilai di dunia, Facebook memiliki peningkatan yang sangat pesat pada tahun ini, Facebook yang tahun lalu berada di posisi ke-35, tahun ini naik 16 peringkat dan berada di posisi ke-19 dengan nilai brand mencapai USD 33,2 miliar.
Berikut ini adalah gambar hasil riset dari studi tahunan brandz yang diadakan oleh Millward Brown Optimor.

Top 10 Most Valuable Brand
-->

0 komentar:

 
Copyright 2009 Berita Versi Gua
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere