10 Aplikasi Android untuk pelajar & mahasiswa


Gadgetan – Setelah libur tahun baru 2012, beberapa hari lagi sekolah dan universitas akan memulai kegiatan belajarnya kembali.  Kali ini Gadgetan ini membagikan 10 daftar aplikasi dari Android yang dapat membantu para pelajar dan mahasiswa untuk berhasil di dunia akademik.  Berikut ini daftarnya:


1. Evernote - Gratis

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi terbaik untuk mencatat semua catatan yang diperlukan pada saat di kelas.  Tentunya tidak hanya untuk membuat catatan, tetapi juga dapat merekam suara, mengambil gambar untuk dimasukkan ke dalam catatan Anda dan dapat melakukan sinkronisasi ke dalam web dan kemudian dikirimkan kepada teman Anda.  Dan yang lebih baiknya lagi, aplikasi ini gratis.
2. Merriam Webster Dictionary - Gratis

Untuk para pelajar yang ingin membuat laporan ataupun karangan dalam bahasa inggris, aplikasi ini akan membantu Anda dalam memperbanyak perbendaharaan kata-kata bahasa inggris juga disertai dengan pengartiannya.  Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengunakan pencarian dengan suara.  Aplikasi ini juga ditawarkan secara gratis untuk didownload.
3. WikiDroid for Wikipedia - Gratis

Wikipedia merupakan salah satu situs informasi mengenai berbagai hal di Internet dan merupakan sumber daya informasi yang akan sangat membantu para pelajar dalam risetnya.  Kini WikiDroid memberikan artikel-artikel dari Wikipedia ke dalam smartphone Android dalam bentuk yang kecil dan mudah dibaca.  Selain itu, Wikidroid juga menyediakan percarian dengan suara dan pencarian auto-complete.
4. Wolfram Alpha - $3

Wolfram Alpha adalah salah satu web service yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan di bidang edukasi maupun profesional untuk bahan ataupun sumber informasi.  Wolfram Alpha ini bekerja menggunakan rumus algoritma yang rumit untuk menghasilkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan di bidang matematika, fisik, kimia, statistik, geologi, astronomi, material, engineering, ilmu komputer, kebudayaan dan ilmu social, dan masih banyak lagi. Teknik cara pengenalan pertanyaan di Wolfram Alpha ini juga digunakan pada Siri, teknologi virtual asisten pribadi yang digunakan pada iPhone.
5. Math Formulary – Gratis

Aplikasi ini akan membantu para pelajar untuk mengingat rumus-rumus matematika yang tidak mudah diingat seperti Aritmatika, Aljabar, Geometri, Trigonometri, dan lain-lain.  Kebanyakan rumus-rumus tersebut dapat akan ditemui dalam level pelajaran sekolah maupun universitas.
6. GTasks – Gratis

Kebanyakan pelajar dan mahasiswa mempunyai masalah yang sama yaitu disiplin mengatur waktu.  Dengan Aplikasi GTasks ini, membuat alarm reminder dan daftar kerjaan menjadi sangat mudah, apalagi GTasks dapat disinkronisasi dengan akun Google sehingga dapat dibuka dan diedit pada komputer di mana saja.
7. Dropbox – Gratis

Aplikasi Dropbox ini merupakan penyimpanan dengan sistem Cloud storage yang memungkinkan Anda untuk mengakses file-file dari mana saja.  Tentunya ini akan sangat berguna untuk pelajar yang suka lupa memindahkan file tugas ke dalam USB drive, karena aplikasi ini akan mensinkronisasikan folder dropbox di komputer dengan folder aplikasi Dropbox di smartphone Android dan tempat lain.
8. GPA Calculator – Gratis

Untuk mahasiswa yang tidak mengingat hasil-hasil ujiannya, Aplikasi GPA Calculator dapat membantu mahasiswa untuk mengingat dan menghitung point GPA secara keseluruhan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat diatur dan disesuaikan menurut metode penghitungan nilai yang berbeda.
9. Good Morning – Gratis

Biasanya pelajar atau mahasiswa menghadapi masalah yang sama, terutama masalah telat bangun tidur untuk pergi ke kelas ataupun ujian.  Alarm biasa pada smartphone tidak akan cukup karena terlalu gampang untuk dimatikan secara tidak sadar.  Aplikasi Good Morning ini bukan hanya alarm biasa tetapi juga dapat menyalakan alarm dengan cara: memainkan musik, membacakan waktu, tanggal, perkiraan cuaca, berita terkini, atau pesan yang ditulis sendiri.  Ada juga untuk yang masih susah bangun, harus mematikan alarm dengan cara menjawab soal matematika yang sulit.

10. Aldiko eReader – Gratis

Aplikasi Aldiko ini menyediakan buku-buku digital gratis dan juga yang berbayar untuk di download.  Para pelajar dan mahasiswa juga dapat melihat dan membaca buku-buku dalam format PDF dengan interface yang menarik.
Sekian daftar aplikasi Android spesial untuk para pelajar dan mahasiswa.  Semoga ini dapat membantu untuk menghadapi pelajaran dan tahun-tahun belajar ke depan. All the best.

0 komentar:

 
Copyright 2009 Berita Versi Gua
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere