Samsung Ungkap Exynos 5 Si Prosesor '8 Core'


 


Jakarta - Meski ponsel pintar penerus Galaxy S III belum diungkap Samsung. Pada event Consumer Electronic Show (CES) 2013, raksasa elektronik Korea Selatan itu malah mengungkap komponen penting yang menjadi 'otak' ponsel pintar.

Komponen penting yang dimaksud adalah prosesor mobile terbaru yang disebut Exynos 5 Octa.

Exynos 5 Octa memiliki total 8 core sebagai 'senjatanya'. Namun sebenarnya yang lebih tepat adalah dua prosesor quad core berbasis Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang dikemas sebagai sebuah SoC (Single on Chip).

Namun walau digabung dalam satu chip, kedua prosesor yang disematkan sebenarnya bekerja sendiri-sendiri sehingga belum sepenuhnya bisa disebut sebagai prosesor 8 core.

Jadi prinsip kerja Exynos 5 Octa sebenarnya adalah sistem akan menentukan prosesor mana yang bekerja sesuai dengan load yang dijalankan oleh sistem.

Dengan kata lain kedua prosesor tidak berjalan secara bersamaan, namun akan disesuaikan dengan kebutuhan. Bila sistem membutuhkan kinerja tinggi, maka ia akan memerintahkan Cortex-A15 untuk mengeksekusi, sedangkan untuk kebutuhan sistem yang biasa saja maka Cortex-A7 yang rendah daya lah yang akan bekerja.

Dikutip detikINET dari GSM Arena, Kamis (10/1/2013), Exynos 5 Octa yang sejatinya telah mengaplikasikan teknologi terbaru ARM big.LITTLE tersebut, diklaim memiliki kemampuan render 3D dua kali lebih baik dibandingkan Exynos 4.

Sayangnya, meski belum jelas dimana Samsung akan menanamkan Exynos 5 Octa, namun kuat dugaan ponsel pintar penerus Galaxy S III yang akan ditanamkan prosesor SoC terbaru garapan Samsung tersebut.

sumber: http://inet.detik.com/read/2013/01/10/144337/2138501/317/samsung-ungkap-exynos-5-si-prosesor-8-core
-->

0 komentar:

 
Copyright 2009 Berita Versi Gua
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere