OLIMPIADE LONDON 2012: Mereka Lah Yang Akan Jadi Sorotan; BOLT, FEDERER, PHELPS

Compact_olimpade
LONDON: London bersiap memulai pembukaan pesta olahraga akbar hari ini, beberapa jam menjelang upacara pembukaan Olimpiade.


Dengan dana US$14,5 juta dan menghadirkan lebih dari 10.000 atlet, ajang olahraga empat tahunan itu akan dibuka resmi setelah London berhasil mendapatkan hak tuan rumah dengan menyisihkan Paris tujuh tahun lalu.


Pembukaan ini akan menghadirkan para bintang seperti Usain Bolt, Michael Phelps, Roger Federer dan segerombol atlet amatir nan ambisius, demikian AFP.


Venue ikonik dan tempat terkemuka seperti Wimbledon, Lord's dan Taman Hyde akan menjadi latar belakang dari perhelatan turnamen Olimpiade.


Sementara itu, komplek Taman Olimpiade, tempat diselenggarakannya olahraga berenang dan atletik, telah menyulap daerah London bagian timur yang tadinya terbengkalai.


"Kami membuat lima kesepakatan untuk menempatkan para atlet sebagai pusat dari proyek ini, mencipta atmosfer yang ajaib, menginspirasi anak muda dari berbagai belahan dunia dan mengkreasi ini menjadi pusaka nan abadi," kata ketua penyelenggara Sebastian Coe.


"Ini adalah perjalanan luar biasa selama tujuh tahun," sambungnya.


Upacara pembukaan yang dimulai pada pukul 20.00 waktu setempat atau pukul 3 dini hari nanti, diperkirakan ditonton 80.000 orang di London dan milyaran orang seluruh dunia itu dirancang oleh sutradara Inggris peraih Oscar, Danny Boyle.


Rekannya sesama pembuat film yang juga direktur kreatif upacara pembukaan, Stephen Daldry, mengatakan acara pembuka itu akan menunjukkan "keragaman pusaka, kebhinekaan, energi, penemuan, kercerdikan, dan kreativitas yang menggambarkanBritania Raya".


Pelari terkenal Jamaika Usai Bolt mengatakan "siap bertanding" untuk mempertahankan dua gelar yang telah diraihnya.


"Saya selalu siap. Memang ada sedikit masalah, tapi saya siap untuk bertanding," kata Bolt.


Dia akan membawa bendera kebangsaan negaranya pada upacara pembukaan.


Masalah kebugaran, kecelakaan mobil, dan dikalahkan pada nomor 100 m dan 200 m oleh rekan senegaranya Yohan Blake pada uji coba tim Jamaika menimbulkan keraguan apakah Bolt mampu mempertahankan gelarnya.


KOLEKSI PHELPS

Di kolam renang, Phelps, yang delapan medali emasnya di Beijing menambah koleksi medalinya terdahulu menjadi 16, membutuuhkan tiga medali lagi untuk mengalahkan rekor dunia 18 medali yang dicapai pesenam Soviet, Larisa Latynina, antara 1956-1964.


Turun di tujuh nomor, memberi Phelps kesempatan untuk mencetak sejarah dan memimpin tim Amerika Serikat melawan dominasi Australia dan China.


Phelps adalah pemenang yang mempertahankan empat rekor, masing-masing pada nomor 100 m dan 200 m gaya kupu-kupu, dan 200 m serta 400 m gaya ganti perseorangan.


Salah satu lawan terberatnya adalah rekan senegara Ryan Lochte.


Australia membawa pasukan bersama James "The Missile" Magnissen dan James "The Rocket" Roberts pada gaya bebas 100 m.


Magnussen adalah juara dunia gaya bebas 100 m dan pemegang rekor manusia tercepat dengan rekor 47.10 detik.


Tim Amerika Serikat mempunyai "misil" sendiri, yaitu Missy Franklin (17) yang jadi perenang putri Amerika Serikat pertama yang bertanding pada tujuh nomor dalam satu turnamen.


Si "Blade Runner", Oscar Pistorius dari Afrika Selatan yang kedua kakinya diamputasi, akan menorehkan sejarah sebagai atlet lari pertama yang bergabung dalam kompetisi Olimpiade dengan kaki palsu.


Di Velodrome, Bradley Wiggins yang baru menuai sukses di Tour de France, akan menjadi tonggak harapan bagi tuan rumah Inggris.


Zara Phillips, cucu Ratu Elizabeth II, menambah kilau keluarga kerajaan di event berkuda di Greenwich, sementara Federer kembali ke All England Club di London untuk mengincar medali emas pada cabang tenis.


Rivalnya adalah Djokovic dan Andy Murray, sedangkan Rafael Nadal tidak akan berpartisipasi karena cedera lutut.


Pada cabang basket, merika Serikat akan mengandalkan tim basket putra favorit Dream Team yang diperkuat LeBron James dan Kobe Bryant.


Minggu terakhir menjelang pembukaan Olimpiade diwarnai berbagai kesalahan memalukan seperti memajang bendera negara yang salah.


Tim sepakbola Korea Utara meninggalkan lapangan di Taman Hampden, Glasgow, sebagai aksi protes karena foto para pemainnya disandingkan dengan bendera kebangsaan Korea Selatan. (Antara/ea)

0 komentar:

 
Copyright 2009 Berita Versi Gua
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere