Perbedaan Idiologi Komunis Sosialisme Pancasila

Komunis

1.Negara sebagai penjaga malam. Rakyat atau warganya mempunyai kebebasan untuk berbuat atau bertindak apa saja asal tidak melanggar tertib hukum.


2 Kepentingan dan hak warga Negara lebih diutamakan dari pada kepentingan Negara. Negara didirikan untuk menjamin kebebasan dan kepentingan warganegaranya.


3 Negara tidak mencampuri urusan agama. Agama menjadi urusan pribadi setiap warga Negara. Warga Negara bebas beragama, tetapi juga bebas tidak beragama.

Sosialisme

1.Mementingkan kekuasaan dan kepentinga negara.


2.Kepentingan Negara lebih di utamakan dari pada kepentingan warga Negara kebebasan     atau kepentingan warga dikalahkan untuk kepentingan Negara.


3.Kehidupan agama juga terpisah dengan Negara. Warga Negara bebas beragama, bebas tidak beragama dan bebaspula propaganda anti agama.

Pancasila


1.Hubungan antara warga Negara dengan Negara adalah seimbang . apa arti
seimbang? Artimya, tidak mengutamakan Negara tetapi juga tidak mengutamakan warganegara. Kepentingan Negara dan warganegara sama-sama di pentingkan


2.Kepentingan Negara dan kepentingan warganegara sama-sama dipentingkan.


3.Agama erat hubungannya dengan Negara.Setiap warganegara dijamin pula kebebasannya untuk memilih salahsatu agama yang ada dan di akui oleh pemerintah .Setiap orang harus beragama, tetapi agama yang dipilih di serahkan kepada masing-masing warganegara. Atheis atau tidak mengaku adanya tuhan, tidak diperbolehkan.

0 komentar:

 
Copyright 2009 Berita Versi Gua
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere